7 Cara Memakai Celana Chinos Agar Terlihat Bagus

Chinos, yang berarti Chinese dalam Bahasa Spanyol, dibuat di negara Cina dan diberikan negara Filipina saat Spanish American War pada tahun 1898. Nama tersebut diberikan sesuai tempat pembuatannya dan mendunia hingga saat ini dengan sebutan itu. Kegunaannya pun dapat dipakai dalam berbagai macam situasi dan gaya, namun lebih cocok jika digunakan pada saat musim panas. Bukan berarti menggunakan celana berbahan lain seperti jeans tidak cocok. Tetapi, potongan ketat dengan bahan yang tidak cukup bersahabat dengan panas pada musim tersebut memberikan isyarat secara langsung bahwa Chinos lebih cocok untuk digunakan. Apalagi, tenun dari Chinos dapat secara eksentrik dipadu padankan ke berbagai setelan baju yang siap dikenakan, tanpa melenceng dari standar outfit musim panas.

Kenyataannya, hingga saat ini masih banyak Pria yang enggan menggunakan celana berbahan ini, karena sulit menyesuaikan padu padan yang bagus dengan baju yang dikenakan, pula Pria cenderung tidak ingin bersusah payah memikirkan gaya penampilan mereka sehari-hari; untuk beberapa kalangan khususnya. Sesuai dengan penjelasan tentang Chinos yang dimuat pada laman fashion dari London, MR PORTER, https://tinyurl.com/ybvzynwb (05/01/2017) bahwa celana dengan warna asli ‘Khaki’ ini, dapat dengan mudah dipakai agar terlihat bagus melalui 7 cara berdasarkan ragam gaya yang cocok di musim panas-bahkan, juga cocok dipakai pada musim lainnya. Chinos akan memberikan aksen rapi dan kasual di setiap tampilan yang diberikan, sehingga akhir-akhir ini, peran celana tersebut berlakon tidak hanya untuk situasi formal, tetapi juga dunia kerja, khususnya perkantoran. Dress-down Friday atau yang kerap dikenal dengan istilah Casual Friday menjadi gaya hidup dunia perkantoran yang sudah diterapkan sejak akhir tahun 1990-an oleh para Pria. Dengan adanya celana Chinos, penerapan gaya dari Casual Friday dijewantah oleh para Pria setiap satu hari di tiap minggunya. Bahkan, banyak industri kerja perkantoran lain yang telah memakai celana Chinos sebagai outfit keseharian. Maka, melalui artikel ini, terulas secara singkat dan jelas “panduan” memakai celana Chinos agar terlihat bagus.

Padu padankan tampilanmu dengan kemeja lengan pendek, bergaya open-necked.

Celana Chinos memiliki ragam warna, dari mulai gelap hingga terang. Berpacu pada warna orisinil celana ini yaitu, ‘Khaki’. Sebagai contoh jika memakai celana Chinos dengan warna yang terlihat gelap, usahakan agar warna pakaian yang dikenakan sesuai dengan intonasi warna yang semikian rupa akan selaras tampilannya. Celana Chinos berwarna biru tua (gelap) akan senada dengan paduan warna yang cenderung terang, semisal kemeja lengan pendek berwarna biru muda yang disertai tambahan lain seperti outer dengan warna yang juga terang, belt atau tali pinggang dengan warna yang serupa dengan sepatu yang dikenakan, serta gaya berpakaian kasual dengan memasukkan sedikit bagian bawah dari kemeja lengan pendek tersebut. Keselarasan tidak melulu harus dengan warna yang serupa dari pakaian atas hingga sepatu yang dikenakan. Bahkan, perpaduan lain warna dengan satu “nada” dapat menciptakan tampilan yang tidak hanya bagus-dari segi warna-tetapi juga stylish. Gaya dan tampilan ini selayaknya berlakon pada kondisi formal, namun santai. Agar demikian, berikan aksen tambahan dengan tidak mengenakan kaos kaki pada sepatu kulit atau pantofel, sehingga outfit ini akan memberikan tampilan kasual dan elegan dengan nuansa yang bersahabat dengan beragam situasi.

Jangan takut untuk memadu padankan celana Chinos dengan kemeja berbahan jeans.

Celana Chinos yang kerap dipakai dengan kemeja basic berwarna netral, memang lebih cocok untuk kebutuhan formal. Namun, terdapat berbagai cara untuk tetap memberikan tampilan kasual walaupun tidak dalam kebutuhan atau keadaan formal. Kemeja dengan bahan Denim menjadi alternatif bagus untuk hal ini. Tekstur dan nuansa dari bahan tersebut yang dipadukan dengan celana Chinos, ternyata memberikan gaya yang kasual juga, bahkan dapat dikenakan untuk segala kesempatan yang tidak bersifat formal. Padanan dari ragam tekstur kemeja berbahan dasar jeans tersebut dapat menjadi opsi tampilan kasual Anda jika dikenakan langsung tanpa memasukkannya ke dalam bagian celana. Berbeda dengan gaya tampilan pertama. Aksen casually non-formal secara jelas diberikan oleh Anda yang dengan nyaman mengenakan kemeja berbahan jeans tersebut.

Beranikan dirimu dengan memakai celana Chinos berwarna terang agar terlihat maskulin, tetapi tetap kasual.

Warna putih adalah inti dari tampilan gaya yang versatile. Nuansa ini dapat diselaraskan ke beragam padanan warna untuk memberikan tampilan eksentrik dengan tetap menonjolkan aksen maskulin. Kenakan kemeja putih polos berlengan panjang yang dilipat sedikit hingga di atas pergelangan tangan, diikuti celana Chinos dengan warna bernuansa jeans, dikombinaskan dengan sepatu berbahan kanvas dan tata gaya berupa sedikit gulungan pada bagian bawah celana yang dipakai. Siluet gaya yang menarik dan bagus akan terlihat pada padu padan yang diciptakan secara kasual tersebut. Tampilan ini dapat dilakoni oleh Pria yang hendak pergi berkencan ke tempat-tempat santai. Dan, tentunya tidak disarankan untuk dikenakan ke kesempatan atau acara yang formal.

Gaya formal namun tetap kasual dengan warna Khaki.

Warna Khaki adalah warna pada celana Chinos dengan orisinilitas yang menjamin gaya kasual pada dua situasi yang berbeda; formal dan tidak formal. Aksentuasi dan nuansa yang diberikan oleh warna Khaki dapat dipadu padankan dengan atasan berupa kemeja berwarna terang, kerap dipadukan dengan kemeja berlengan panjang atau pendek-untuk gaya non formal-berwarna putih, biru muda, hijau muda, atau bahkan pink muda. Pastikan untuk selalu memadukannya dengan warna yang terang agar nuansa basic casual terpancar dari tampilan yang diberikan. Tata gaya yang dapat diberikan agar tetap memberikan tampilan yang kasual namun elegan dapat dikombinasikan dengan sepatu slip-on (tanpa tali) atau loafer berbahan suede dengan warna yang juga senada. Diikuti dengan outer berwarna sedikit gelap yang dapat berupa blazer dengan tekstur kasar agar memberikan tampilan dengan gaya semi-formal yang stand out.

Berikan tampilan kasual dengan ukuran baju yang fit dan fleksibel.

Musim panas yang erat kaitannya dengan nuansa corak warna yang beragam dapat memberikan jaminan dalam hal tampilan dan gaya kasual Pria walaupun dalam keadaan bekerja. Kombinasikan tampilan dengan warna terang dan aksen basic ke dalam tampilanmu. Usahakan untuk selalu memakai ukuran baju yang fit dan fleksibel dari segi penggunaannya. Semisal, blazer dengan nuansa summer atau musim panas yang dapat dikenakan hanya dengan melipatnya ke satu arah, dan meletakkannya di bagian pundak saat hendak berpergian. Aksesori tambahan seperti kacamata hitam dapat mendukung tampilan dan tata gaya yang diberikan agar stylish, walau hanya mengenakan kemeja berbahan dan berwarna basic.

Padukan selalu dengan warna putih sebagai atasannya.

Seperti yang telah disinggung dalam beberapa hal pada cara-cara sebelumnya, warna ini adalah esensi dari pasangan celana Chinos dengan atasan basic agar memberikan tampilan yang kasual. Aksentuasi dan nuansa santai kerap dipancarkan dengan padu padan tata gaya, baik kemeja lengan panjang, lengan pendek, atau bahkan t-shirt berwarna putih, dikombinasikan dengan celana Chinos berwarna Khaki dan sepatu yang juga berwarna putih. Usahakan wadah berpijak yang dikenakan berwarna selaras dengan nada pada baju bagian atas yang dikenakan. Tampilan kasual dengan nuansa santai ini tidak lagi memerlukan tambahan outer atau semacamnya, karena jika disertai tanpa menyelaraskan konsep tampilannya, nuansa yang diberikan pun akan berbeda. Tampilan dan tata gaya ini sangat fleksibel atau versatile untuk berbagai situasi dan keadaan, terutama cocok untuk kesempatan semi-formal dan non-formal. Usahakan untuk tidak mengenakan atasan yang berstektur dan bermotif dengan detail yang berlebihan.

Pentingnya tekstur untuk menarik perhatian tampilan agar terlihat lebih stylish.

Sama dengan ulasan yang telah dijelaskan pada dua cara di atas terkait gaya dengan tampilan kasual khusus untuk kondisi formal dan semi-formal, tampilan ini lebih dispesialisasi ke dalam detail dari tekstur yang dikenakan. Disarankan untuk selalu mengenakannya pada tambahan outer seperti blazer atau jas. Tekstur yang dipilih pun harus memiliki detail yang tidak berlawanan dengan larasnya padanan warna pada bagian kemeja dan celana Chinos yang dipakai. Sedemikian pula, kondisi formal nan kasual yang dikenakan dengan tambahan tekstur lebih ini dikombinasikan dengan aksesori penunjang seperti Dark Green Pocket Square yang diselipkan di kantung blazer yang dikenakan agar terlihat rapi dan elegan, namun tetap stand out dengan aksentuasi kasual. Berikan tata gaya rapi dengan memakai belt atau tali pinggang berwarna gelap dan harus sesuai dengan warna sepatu yang dikenakan, secara pasti slip-on atau loafer dengan bahan suede atau leather menjadi opsi tepat sebagai penunjang tampilan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s