Harkat, Martabat, dan Gengsi

53fae57ae33040e9552ff083809d41ae

Semalam suntuk Ben tidak dapat berhenti memikirkan apa yang telah dilakukan oleh Ayla, walaupun hanya sebentar dan masih belum ada kebenaran akan kejelasan yang  tertuah dari apa yang dilakukan Ayla kepada Ben. Segala asumsi baik positif maupun negatif terus muncul dalam pikiran Ben, hingga sampailah Ben pada sesi pertemuannya dengan kedua sahabatnya yang senantiasa selalu mendengarkan curhatannya, Margie dan Yesika Ken Asri di salah satu cafe ternama di Jakarta Selatan. “Gie, Chik, sumpah kemarin malem dia tuh ngerangkul gue gitu, dan emang kayaknya sih ga ada maksud apa-apa sih, tapi kok dia ngelakuin itu cuma sama gue, menurut kalian gimana?” Tutur Ben sambil memeragakan rangkulan yang diberikan Ayla kepadanya semalam, “Kan kebiasaan kan, dibilangin jangan langsung apa-apa baper ah” Saut Chika dan begitupun Margie yang tanpa memberikan komentar dan saran pun, Ben dan Chika sudah mengerti maksud apa yang disampaikan olehnya, “Sekarang kalo emang lo ngerasa udah deket sih ya langsung aja coba tanya kejelasan gimana?” Sambung Margie, “Yakali nyet ga secepet ini juga sih, cuma ya gue bingung aja hahaha” Jawab Ben, “Terserah lo” Saut Chika dengan lantang. Perbicangan pun berakhir sampai cafe tersebut tutup.

Margie, si cewek #Leo yang selalu nampak cuek namun somehow memiliki perhatian lebih kepada kerabat-kerabatnya, dan Yesika Ken Asri atau yang kerap disapa Chika ini berzodiak #Gemini. Sempat disinggung secara singkat terkait karakteristik dan sifat #Leo yang cuek namun perhatian, Ya, pernyataan benar yang tidak dapat dipungkiri, #Leo merupakan pribadi yang perhatian dan simpatis, bahkan empatis. Namun, terkadang karakteristik dan sifat baiknya tersebut tertutupi akan tembok besar sebagai Gengsi yang jelas terlihat. Satu lagi, cewek dengan dagu lancip berzodiak #Gemini mewarnai hidup Ben, dikenal sebagai zodiak yang erat kecocokannya dengan #Libra ini memiliki karakteristik dan sifat yang bisa dibilang sangat unpredicatble, kembali lagi pada artikel sebelumnya tentang Elemen Udara tersebut, #Gemini merupakan salah satu dari ketiga zodiak dalam elemen tersebut yang paling tidak bisa dimengerti oleh orang banyak. Kenapa demkian? Dilihat dari lambangnya pun sudah bisa ditebak secara sepihak bahwa zodiak ini berkesan memiliki dua kepribadian. Erat kaitannya antara karakteristik dan sifat dari #Gemini jika disangkut-pautkan dengan analogi sebuah Buku. Buku identik dengan pencitraan, yang secara isyarat memberikan penjelasan seperti “You get what you see and what I want to show”, kaitannya dengan zodiak #Gemini adalah, zodiak ini memiliki satu kepribadian yang tidak ditampilkan kepada publik, hanya ke beberapa kerabat atau orang-orang penting yang menurut nya berarti dan dapat menerima mereka apa adanya, sangat susah ditebak pula karena #Gemini terkenal akan mood-swing nya yang muncul tanpa mengenal waktu dan situasi, dapat berubah dengan tidak adanya alasan jelas namun logis tertuah dari pikiran mereka sendiri. Chika memiliki pengalaman yang cukup lama dengan seorang #Aquarius, maka ia merupakan sasaran tepat Ben untuk menjadi tempat curhat akan perasaan dan proses pendekatannya dengan Ayla. “Sumpah Ben, lo jangan terlalu agresif deh sama Ayla, pengalaman gue waktu itu sama mantan gue yang lahir di bulan Januari pun ya mesti dicuekin dan berkesan lo harus punya nilai yang bisa dia ambil sebagai benefit buat dia gitu loh” Saran Chika kepada Ben dalam pesan singkat di keesokan harinya, Ben pun mulai berfikir dan menyadari akan hal yang bekaitan dengan karakteristik dan sifat orang yang bisa dibilang 80% sama. Satu hal mengenai #Aquarius, bersikap cuek lah kepada mereka karena sempat disinggung di awal bahwa #Aquarius tidak begitu suka perbincangan melalui chat, mereka lebih tertarik untuk berbicara secara langsung dan mendalam untuk suatu hal yang serius, #Aquarius yang intelligent selalu tertarik dengan hal yang berbobot dan kembali lagi, bobot tersebut akan selalu dihubungkan dengan apa yang ia bisa ambil dari segi benefit. “Lo coba deh mendingan telfonan aja atau ajak ketemu langsung kalo sama Ayla, dia tuh menurut gue tipikal yang suka ketemu langsung dan ngomongin hal-hal yang berbobot gitu deh” Sambung Chika di chat.

#Libra, seseorang yang bisa dibilang suka dengan tantangan, karena sifat mereka yang ambisius dalam memeroleh sesuatu, tetap tidak dapat diandalkan sepenuhnya terkait pengambilan keputusan walaupun ia telah berbincang untuk menanyakan saran kepada siapapun, karena karakteristik dan sifat zodiak ini yang plin-plan dan sangat labil atau indecisive, mereka cenderung akan lebih mengikuti apa kata hati dan pikirannya, padahal belum tentu keputusan yang diambil dan akan dijalankannya baik untuk dirinya, bahkan seorang #Libra akan dengan pasrah merelakan harga dirinya turun demi mendapatkan apa yang sangat diinginkannya. Ben pun memberanikan dirinya untuk pergi kencan dengan Ayla di suatu restoran yang sedang hype pada saat itu. Mereka berbincang panjang lebar, dan dalam jangka waktu lama, diselingi dengan gurauan humoris layaknya pertemanan biasa mereka di perkumpulannya, hingga keluarlah ucapan dari Ayla yang membuat Ben berharap lebih, “Hahahaha Ben, lo tuh emang apa-apa selalu dibecandain ya, nyaman deh bisa ngobrol sama lo terus selama ini, padahal kita pun juga baru beberapa bulan kenal kan, apa karena emang kita satu geng ya di kuliah? Cuma emang gue ngerasa lebih aja sih, dan bahkan gue pun ngerasa deket sama lo”  Tutur Ayla, “Hahaha ya emang kita deket kan Ay sekarang, bukan kerna emang kita satu permainan di kuliah aja sih tapi emang karena… gue pengen ngechat terus lo aja, lagian kan gamungkin juga lo ga deket sama orang lain, boong banget…” Jawab Ben. Sosok seorang #Libra merupakan pribadi yang gemar bergurau dengan orang-orang yang menurutnya nyaman, namun selalu disertai dengan pemikiran dalam yang berujung ke asumsi negatif serta pesimis. Ini merupakan satu karakteristik dan sifat #Libra yang sebenarnya tidak bisa selalu dikeluarkan jika dalam proses pendekatan dengan orang lain, benar terkadang #Libra fragile, namun, tetap harus memiliki sisi kuat dari nilai pribadinya atau high self-esteem yang harus ditampilkan, karena zodiak ini terkenal dengan perspektif nya yang karismatik. Tetapi, tidak semua #Libra yang sadar akan ke-karismatikannya itu, mungkin menyadari nya namun ditutupi dengan karakteristik dan sifat nya yang selalu bahagia dan ceria, sebagai pencitraannya.

“Hahahaha Ben kok lo skeptis sih, ya gue emang apa adanya aja bilang, yang gue jalanin dan rasain sekarang ya itu yang gue utarain, jadi apa yang gue bilang tadi emang dari hati gue, terserah lo mau percaya apa engga hehe” Saut Ayla. #Aquarius yang independen dan bergengsi lebih tinggi dari kedua zodiak lain dalam elemen Udara ini memang selalu mengutarakan apa yang ada pada diri mereka saat itu, karakter #Aquarius yang ini sangat serupa dengan karakter nya #Gemini, They really mean it. They convey what they feel directly on track, berbeda dengan #Libra yang selalu pintar bersilat lidah karena gengsi besarnya yang tidak mau terlihat kalah, namun kalah (terkadang). #Libra is all about image, pencitraan. #Aquarius merupakan zodiak yang tidak suka berprasangka, selalu berfikir logis dari apa yang dilihat dan dirasakannya, maka Ayla -bisa jadi- tulus mengutarakan isi hati dan pikirannya kepada Ben. Perbincangan mereka pun berlanjut hingga malam, sampai di depan rumah Ayla saat Ben mengantarkan Ayla pulang. “Thanks ya Ben, I hope, from what we shared tonight we could be just stick together ya..” Ayla pun mencium pipi Ben… Ben panik, jantung pun berdebar kencang bak mendapatkan suatu penghargaan atau hadiah besar, Ben pun gugup dan tidak melakukan apa-apa selain menjawab, “Iya sama-sama Ay, goodnight”. #Libra memang selalu tidak akan pernah luput dari gengsi, sampai gengsi nya pun berakibat buruk untuk dirinya sendiri. 

Perilaku Ben kemarin malam membuat Ayla menjadi berbeda, ulurannya seperti mengisyaratkan dirinya dalam dua kemungkinan; Ayla malu karena sudah mengutarakan apa yang dirasakan dan dipikirkannya kepada Ben dan berusaha untuk tetap “menjual” mahal dirinya atau Ayla yang memang mundur dari pendekatannya dengan Ben karena respon Ben yang tidak sesuai dengan harapan Ayla. Beberapa minggu kemudian, sesampainya Ben di ruang kelas perkuliahan mereka, Ayla pun tidak tegur sapa dengan Ben, tegur sapa namun menjaga jaraknya, bahkan perbincangan mereka melalui telefon pun berkurang, dengan kenyataan memang intensitas dan frekuensi mereka berbincang dan bertemu berkurang, Ayla jarang sekali membalas pesan Ben, bahkan selalu menolak karena satu dan lain hal jika diajak pergi oleh Ben. Ben pun resah, dan merasa menyesal sampai harga dirinya pun benar-benar diturunkan dengan secara agresif menghubungi Ayla. #Aquarius merupakan tipikal orang yang “Kalo lo belagu, ya ngapain gue ladenin, ga penting juga buat gue sih soalnya”. Gengsi. Karakter alami nya yang egois dan independen membuat Ayla menjadi jual mahal, Ben pun putus asa dengan acuh terhadap Ayla dan berjanji kepada kerabat-kerabatnya Margie dan Chika, untuk tidak menghubungi nya beberapa hari….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s